Kumpulan Tips & Trik Tutorial Terbaik

JASA SERVICE COMPUTER Monitor, Cpu, Printer & Laptop Telp : 085655776324 Surabaya

Jumat, 13 September 2013

Cara memperbaiki konektor touchpad yang rusak pada motherboard laptop

Dalam posting kali ini saya menjelaskan bagaimana untuk memperbaiki konektor kabel touchpad yang rusak pada motherboard laptop.
Katakanlah Anda sedang memperbaiki laptop sendiri dan sengaja merusak konektor touchpad atau konektor serupa lainnya. Masalahnya adalah konektor touchpad disolder ke motherboard dan tidak mungkin untuk menggantinya dengan alat solder biasa. Juga, konektor ini tidak dijual secara terpisah.

Nah, konektor rusak dan tidak dapat diganti. Mari kita coba untuk memperbaikinya.  

Kita akan melakukannya dengan menggunakan teknik yang sama seperti untuk memperbaiki konektor keyboard yang rusak.

Pada gambar berikut Anda melihat konektor laptop touchpad yang khas. Konektor warna putih yang menjadi dasar (permanen terpasang ke motherboard) dan tab pengunci warna hitam (bagian yang bergerak).
Buka dengan cara mengangkat sisi kiri tab pengunci. Keran membuka penguncian pada sudut 90 derajat dan lepaskan kabel touchpad. Setelah itu tarik kabel dari konektor.


Pada gambar berikut adalah konektor touchpad yang rusak.

Masukkan kembali kabel touchpad ke konektor. Kabel touchpad memiliki kontak pada sisi bawah - sisi yang menghadap ke motherboard.
Agar berfungsi dengan baik kontak kabel harus menyentuh kontak dalam konektor.


Masukkan sepotong plastik ke dalam konektor. Pada saat yang sama pastikan kabel touchpad juga dimasukkan ke dalam konektor.

 
Pada gambar berikut kabel touchpad sudah masuk erat dalam konektor. Bagian dari plastik berfungsi sebagai penekan pada kabel touchpad (pengganti tab pengunci yang rusak).

 

Nah, sekarang konektor udah terpasang erat, silakan cek apakah touchpad udah berfungsi dengan baik atau belum, jika anda kesulitan silakan hubungi kami..

Demikian tutorial  memperbaiki konektor touchpad yang rusak pada motherboard laptop, semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:




0 komentar:

Posting Komentar