Kumpulan Tips & Trik Tutorial Terbaik

JASA SERVICE COMPUTER Monitor, Cpu, Printer & Laptop Telp : 085655776324 Surabaya

Jumat, 20 Juli 2012

VGA ( Video Graphics Adapter )

VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987.
Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi.
Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.

Menurut integrasinya dengan motherboard, VGA dibagi menjadi dua jenis, yaitu VGA OnBoard ( VGA terintegrasi ) dan VGA Card ( VGA Add-On ).



VGA OnBoard
VGA OnBoard sudah terintegrasi atau menyatu dgn motherboardnya, VGA jenis ini sedikit kemungkinan terjadi masalah ketidak sesuaian antara motherboard dan VGA.
harga motherboard tanpa VGA dengan VGA OnBoard hampir sama,untuk beberapa merk harga VGA OnBoard lebih murah,VGA jenis ini bisa menjadi solusi untuk budget yang terbatas.VGA ini memiliki kemampuan yang terbatas,dengan tampilan yang standart.
Untuk kebutuhan yang besar dan kebutuhan games anda membutuhkan VGA Card.


VGA Card
Ada 2 jenis VGA Card,yaitu VGA PCI dan VGA AGP,
VGA PCI adalah kartu grafis yang di pasang di slot PCI di motherboard ,sedangkan VGA AGP di pasang pada slot AGP di motherboard.
Slot PCI adalah slot universal yang bisa di gunakan hardware lain,sedangkan slot AGP memang di khususkan untuk kartu grafis.







Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:




0 komentar:

Posting Komentar